Mengenal Kegunaan Tower Crane Dalam Dunia Industri

Dalam dunia konstruksi dan pembangunan atau dalam dunia produksi, Anda akan menemukan berbagai macam alat berat dan mesin salah satunya alat berat yang sering digunakan adalah crane. Anda akan menemukan banyak di jual crane dengan berbagai jenis, salah satunya tower crane. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas kegunaan tower crane dan aspek – aspek apa saja yang harus diperhatikan pada saat penggunaan jenis alat berat satu ini.

Tower crane merupakan salah satu jenis alat berat yang biasanya dipergunakan pada kegiatan pembangunan konstruksi untuk bangunan gedung bertingkat tinggi seperti gedung perkantoran dan gedung – gedung pencakar langit. Penggunaan alat berat tower crane selain digunakan pada kegiatan konstruksi juga digunakan dalam kegiatan yang tidak dapat terjangkau oleh alat – alat lain selain tower crane ini.

Harga jual crane jensi tower crane, merupakan salah satu alat berat yang memiliki harga yang cukup mahal. Sehingga penggunaan tower crane pun harus diperhatikan agar tower crane yang digunakan dapat bekerja sesuai dengan kegunaan dan yang paling penting adalah keamanan dalam penggunaannya.

Dalam penggunaan alat berat tower crane tentunya harus memperhatikan beberapa aspek dan beberapa hal terutama dalam beban yang diangkut oleh tower crane, meskipun alat ini merupakan alat berat tetapi juga memiliki batas kapasitas. Maka dari itu sangat penting memperhatikan kapasitas barang yang diangkat dan keadaan kondisi dilingkungan pada saat pengangkatan barang. Berikut ini penjelasan berat umum kapasitas tower crane dan dua aspek yang harus diperhatikan pada saat penggunaan.

Aspek Kapasitas

Aspek kapasits yang dimaksud disini adalah berat kapasitas barang yang diangkat. Berikut ini contoh gambaran umum berat beban maksimum yang dapat diangkat oleh tower crane.

  • Pengangkatan mesin alat berat beroda jenis roda crawler adalah beratnya 75% dari kapasitas alat.
  • Pengangkatan mesin alat berat beroda jenis roda ban karet adalah 85% dari kapasitas alat.
  • Pengakatan mesin yang memiliki kaki mempunyai berat 85 % dari kapasitas alat.

Aspek Lingkungan

Aspek lingkungan yaitu dimana faktor dan kondisi lingkungan yang harus diperhatikan saat pengangkatan barang dengan tower crane, yaitu:

  • Berat beban barang yang diangakat.
  • Kekuatan hembusan angin disekitar tower crane.
  • Kecepatan pemindahan barang.
  • Berat beban ayunan pada saat pemindahan barang dan,
  • Pergerakkan kecepatan barang yang diangkat pada saat pengereman alat.

Dari beberapa faktor aspek diatas, penggunaan tower crane banyak dipilih dan dipergunakan karena didasarkan pada kondisi lapangan kerja. Tower crane dipergunakan pada lapangan kerja yang tidak begitu luas dan pada ketinggian yang tidak mungkin bisa dicapai oleh alat – alat lain, selain itu juga untuk mempermudah mengakat material atau barang ke tempat yang tinggi yang tidak bisa dijangkau oleh alat apapun.

Pada saat membeli tower crane atau menyewa tower crane harus diperhatikan kualitasnya, jangan hanya mementingkan harga jual crane atau harga sewanya yang murah saja, karena keamanan pada penggunaan tower crane harus benar – benar diperhatikan dan dipertanggung jawabkan mengingat jenis crane ini adalah jenis alat berat crane yang dirangkai dari besi – besi secara meninggi.

Tags:
author

Author: 

Related Posts