Selain Sajadah, Inilah Beberapa Pernak Pernik yang Khas dengan Tanah Arab

Thursday, April 26th 2018. | Techno

Melakukan ibadah haji merupakan hal yang besar bagi penduduk beragama Islam karena termasuk dalam rukun Islam yang wajib dilakukan. Karena jarak antara Indonesia dan Ka’bah yang sangat jauh dan banyaknya orang yang ingin melakukan ibadah haji, orang perlu mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan kuota haji dengan masa tunggu hingga bertahun-tahun. Karenanya moment berangkat haji menjadi moment yang sakral dan ditunggu banyak orang bukan hanya oleh calon jemaah haji namun juga oleh keluarga dan tetangga. Selain karena merupakan ibadah, ritual pelepasan dan kedatangan jemaah dan haji juga menjadi hal yang menyenangkan. Salah satunya adalah karena kebiasaan oleh-oleh yang diberikan oleh para haji ketika datang. Contoh oleh-oleh yang sering dibawa pulang adalah sajadahtasbih, kerudung, kurma hingga perhiasan ala negeri arab.

Oleh-oleh ibadah haji merupakan benda yang juga ditunggu-tunggu oleh kerabat dan tetangga selain dari kepulangan jemaah haji dengan selamat dan sehat. Meski berupa benda kecil yang sebenarnya banyak juga di Indonesia, namun oleh-oleh asli tanah Mekkah sebagai tanah suci menjadi benda yang spesial. Apalagi pastinya banyak orang ingin beribadah ke sana namun belum mampu atau belum datang kuotanya sehingga oleh-oleh bisa menjadi pendorong untuk lebih giat berusaha dan pelepas rasa rindu sebelum nantinya bisa berkunjung secara langsung.

Bagi Anda yang sebentar lagi akan melaksanakan ibadah haji dan tak ingin pulang dengan tangan hampa, Anda bisa mempersiapkan oleh-oleh yang nantinya akan dibeli di sana ataupun ketika sudah berada di tanah air. Oleh-oleh setelah ibadah haji umumnya adalah berupa pernak-pernik yang khas dengan tanah arab seperti:

  • Kurma.
  • Air zam-zam.
  • Tasbih.
  • Sajadah.
  • Mukena.
  • Dsb.

Untuk makanan asli tanah arab, Anda bisa membelinya di tanah suci agar sesuai dengan kondisi aslinya dan yang pasti akan lebih disukai dari pada kurma yang sudah ada di Indonesia. Namun untuk pernak-pernik ibadah, jika dirasa Anda akan keberatan dengan berat tas dan bagasi sehingga bisa menambah biaya yang harus dikeluarkan, Anda bisa membelinya di tanah air bahkan dari sebelum berangkat ke tanah suci.

Oleh-oleh biasanya diperlukan dalam jumlah yang banyak untuk keluarga dekat dan jauh hingga para tetangga. Anda tak perlu memaksakan diri untuk memberikan oleh-oleh mahal karena banyak jenis oleh-oleh yang bisa dibeli sesuai budget. Berikut ini adalah tips untuk membeli oleh-oleh haji agar sesuai dengan keadaan dan memberikan manfaat bagi pemberi dan yang diberi:

  1. Digunakan atau dimanfaatkan dan bukan merupakan barang pajangan.
  2. Harganya sesuai dengan budget, untuk mendapatkan oleh-oleh dengan harga miring, Anda bisa membeli di pusat oleh-oleh haji yang menjual barang secara grosir.
  3. Untuk barang oleh-oleh dari kain, perhatikan kualitasnya agar bisa digunakan dengan layak untuk ibadah. Misalnya jika mukena haruslah tidak transparan dan menutup kaki.

Untuk membeli oleh-oleh haji misalnya mukena, sajadahtasbih dan barang lainnya, Anda bisa melakukan pemesanan melalui situs belanja online yang menyediakan berbagai oleh-oleh haji dalam

tags: ,